Ilmuwan Temukan Ikan Pari ‘Pancake’


Para ilmuwan mengatakan kalau mereka telah menemukan dua spesies baru ikan pari di hutan hujan Amazon dan menyebutnya sebagai ikan Pari ‘Pancake’ atau Panekuk.

“Julukan tersebut diambil karena bentuknya yang menyerupai kue panekuk. Ikan tersebut juga merupakan jenis pari terbaru yang ditemukan dalam kurun 20 tahun terakhir di Amazon,” ujar Nathan Lovejoy dari University of Toronto dan Marcelo Rodrigues de Carvalho dari University of Sao Paolo. Demikian seperti yang dikutip dari The Post Chronicle, Kamis (17/3/2011).

Spesies baru yang ditemukan oleh para ilmuwan tersebut dinamakan Heliotrygon Gomesi dan Heliotrygon Rosai.

Di samping bentuknya yang menyerupai kue panekuk, kedua spesies baru pari tersebut berukuran besar dan memiliki duri di ekor mereka.

Kebanyakan dari spesimen tersebut berasal dari wilayah Rio Nanay, dekat lquitos, Peru. Penemuan tersebut juga menambah jumlah jenis ikan pari di wilayah tropis seperti Meksiko, India Barat dan Amerika Tengah.

“Yang paling penting dari penemuan ini adalah pemberitahuan bahwa masih banyak ikan di Amazon yang belum diteliti dan ditemukan,” ujar Lovejoy.

Penemuan ikan Pari Panekuk ini dilaporkan dalam jurnal sains Zootaxa.

0 komentar:

Post a Comment