Berkebun di Ruang Angkasa

Berkebun di Ruang Angkasa
NASA
 
NASA dan Orbital Technologies Corporation (OTC) sedang mengembangkan perkebunan di luar angkasa. 

Menurut NASA, mereka telah mengembangkan alat berkebun yang telah dikirim ke stasiun ruang angkasa internasional. Bilik untuk berkebun itu dibuat sebanyak empat buah. Setiap bilik sebesar geladak tengah dari pesawat antariksa. Setiap bilik akan dikontrol kelembapan, suhu, air, penerangan, dan komposisi atmosfernya.

Astronot Peggy Whitson mengaku terkejut dengan kebun salad yang ada. “Walaupun tidak banyak, tapi sangat menyenangkan dapat melihat sesuatu yang berwarna hijau," katanya. Peggu juga mengatakan kalau teman-teman dalam timnya juga merasakan kesenangan yang sama. "Mereka bahkan memotret diri mereka dengan tanaman-tanaman tersebut,” kata Peggy.

Kebun yang diciptakan ini sebenarnya masih dalam tahap percobaan. Hasilnya belum dicoba untuk dikonsumsi. Tapi NASA mengaku ada kemungkinan perkembangan ke arah keperluan konsumsi. Menurut seorang astronot, Leland Melvin, dalam keadaan tanpa bobot, setiap astronot memiliki loker makanan sendiri. Beberapa makanan telah menjadi favorit di kalangan astronot, seperti selai kacang, karena sangat mudah untuk dimakan dengan satu tangan. Mungkin suatu saat, tanaman hijau mikro akan menjadi makanan di luar angkasa. (Arief Sujatmoko, Sumber: planetgreen.discovery)
sumber : national geographic

0 komentar:

Post a Comment