Mahasiswa ITS Ciptakan Mobil Berbahan Lemon


Berita menggembirakan datang dari para mahasiswa kita, kali ini datang dari empat Mahasiswa Jurusan teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) yang telah berhasil membuat mobil berbahan bakar sari lemon.
Mobil yang diciptakan khusus untuk acara Taiwan 2010 Chemical Engineering Car Competition (Chem-E Car Competition) ini juga telah diuji coba pada hari kamis yang lalu.

Spektronics merupakan nama tim mereka yang terdiri dari Hardiyanto dwi ratno Wijaya (ketua), serta Donnyanto, Yeremia Yehuda, dan Rizka Nursyamsiah Ratfiandini sebagai anggota.
Panitia penyelenggara telah menetapkan bahwa jarak tempuh mobil yang dibuat adalah berjarak 30 meter yang wajib ditempuh dalam waktu maksimal dua menit. Oleh sebab itu tim ini harus membuat mobil dengan menghasilkan energi yang dapat menggerakkan mobil dengan berat tertentu dengan gerak yang tepat dan jarak yang sesuai. Maka terciptalah sebuah mobil berbahan bakar alternatif dari sari lemon.
Mobil berukuran 30 cm x 40 cm x 18 cm ini sistem kerjanya menggunakan elektrokimia dengan cairan berupa sari lemon yang diformulasi dengan CuSO4 dan ZnSO4. Air jeruk lemon yang notabentenya adalah larutan asam disuntikan dalam lubang boks berjumlah 18 yang ada di dalam mobil bermassa 2 Kg tersebut.
Mobil karya tim Spektronics ini akan diadu dengan para peserta lomba lain dari negara Asia Pasifik termasuk Amerika pada tanggal 5-8 Oktober mendatang di Howard International House (Civil Service Development Institute) Taipei, Taiwan.
Sementara itu Rektor ITS, Priyo Suprobo yang dilansir di harian Surya memberi apresiasi pada penemuan ini, “Indonesia baru pertama kali ini mengikuti kompetisi se Asia Pasifik serta ITS adalah delegasi Indonesia satu-satunya”, ujar beliau.
Kita doakan saja Tim Spektronics yang dibimbing oleh Hamzah Fansuri dan Prof. Renanto ini berhasil di ajang tersebut. Bravo Mahasiswa ITS! (dari berbagai sumber foto bukan mobil yang sebenarnya-berita diambil dari Warta.com)

0 komentar:

Post a Comment